A. Terima Notifikasi Pesanan Baru
Kita bisa melihat pesanan baru yang masuk dengan 3 cara:
1. Dari notifikasi “Pesanan Baru” di sisi kanan header menu
2. Dari Email alert yang dikirim oleh Tokopedia untuk setiap pesanan baru yang masuk.
3. Dari menu “Toko Saya”, kemudian klik “Penjualan”
B. Terima / Tolak Pesanan
Untuk setiap pesanan yang baru diterima, kita harus menentukan apakah akan menerima penuh/menerima sebagian/menolak pesanan dalam kurun waktu paling lama 3 hari.
Jika pembeli memesan produk lebih dari satu dan memilih agar pesanan diproses secara utuh (tidak sebagian) namun stok yang tersedia tidak mencukupi, sebaiknya kita menolak pesanan tersebut agar tidak mengecewakan pembeli. Jika pembeli memilih terima sebagian, kita bisa melakukan “Terima Order Sebagian” dan mengirimkan stok yang tersedia. Dana pembayaran dari pembeli akan disesuaikan dengan jumlah produk yang dikirimkan, dan sisanya otomatis dikembalikan ke pembeli.
Jika kita menolak pesanan atau tidak memberikan respon dalam waktu 3 hari, maka pesanan secara otomatis akan dibatalkan dan dana pembayaran akan dikembalikan sepenuhnya ke pembeli.
C. Konfirmasi Pengiriman Pesanan
Setelah mengirim pesanan, lakukan konfirmasi pengiriman pesanan dengan memasukkan nomor resi, caranya:
1. Pilih “Konfirmasi Pengiriman” dengan meng-klik ikon “Inbox” yang ada di header menu
2. Di halaman Konfirmasi Pengiriman, kita bisa memillih pesanan yang mau diproses dengan mem-filter berdasarkan nama penerima/nomor invoice, jatuh tempo nomor resi, dan agen logistik yang dipilih
3. Masukkan nomor resi di kolom “Insert Receipt Number”
4. Lalu klik tombol “Konfirmasi”
D. Pantau Status Pengiriman Pesanan
Untuk memantau status pengiriman pesanan, kamu bisa pakai fitur “Tracking Order”, caranya:
1. Pilih “Penjualan” yang ada di menu “Toko Saya”, atau kita juga bisa klik ikon “Inbox” yang ada di header menu
2. Pilih “Status Pengiriman”, lalu klik “Lacak”
E. Menunggu Konfirmasi Penerimaan Pesanan
Pembeli diberi waktu 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan terhitung sejak agen logistik telah memberikan update bahwa pesanan telah sampai. Jika tidak ada konfirmasi penerimaan dalam waktu 3 hari, maka transaksi dianggap telah selesai dan dana pembayaran akan dicairkan ke Saldo Tokopedia kamu.
Sumber:
https://www.tokopedia.com/bantuan/saya-pengguna-baru/panduan-jual
Sumber:
https://www.tokopedia.com/bantuan/saya-pengguna-baru/panduan-jual