Selamat Datang Di Ruang Belajar Binary.me / Deriv.com - Di Sini Anda akan mendapatkan semua Tips dan Trik Menang Forex Binary - Deriv dari A sampai Z. Puaskan Keinginan Belajar Anda dan Bersiaplah untuk Meraih Mimpi mendapatkan Kebebasan Financial Yang Tidak Terbatas... !!!


 


Senin, 02 November 2015

SIB003 - Belajar Script Imacros


---------------------------
Materi lainnya :
SIB001 - Apa itu Imacros
SIB002 - Cara Aktivasi Javascript Imacross di Browser Mozilla
---------------------------
Imacros ini merupakan suatu aplikasi tambahan addon di browser mozilla atau di google chrome. Imacros ini berfungsi sebagai alat automatisasi, atau dalam bahasa  awamnya, alat ini bisa merekam apa yang kita lakukan setelah menekan tombol 'record'.

Okey, masih blum paham? saya akan jabarkan lebih detail,  kenapa kita harus memakai add on ini di firefox atau chrome anda.

Pertama, Add on ini Gratis, anda hanya tinggal mengunduh dari add on firefox. Nanti saya jelaskan dibawah.

Kedua, Imacros relatif lebih mudah digunakan dan dipelajari.

Ketiga, Hemat waktu dan tenaga. Kenapa?  Karena add on ini bisa melakukan apa yang kita setting sebelumnya (record) dan melakukannya berulang-ulang dengan data yang sudah disediakan oleh kita. Seperti update produk ini secara otomatis dan masif.

keempat, nanti saya pikir dulu.. hahaha...

Oke, lanjut ke bagian pertama instalasi add on Imacros di Mozilla Firefox. Bila anda belum menginsal Mozilla firefox. Silahkan kunjugi website ini. Disana tersedia.

Lakukan instalasi seperti biasa, saya tidak akan menjelaskan lebih detal dengan instal mozilla ini.

Setelah terinstal,buka mozilla anda dan silahkan buka link ini untuk instalasi add on di mozilla firefox kamu.
 

Oke sekarang saya anggap anda sudah menginstal add on imacros ya. Sebelum Melangkah ke hal teknis baiknya kenalan dulu ya sama aplikasi ajaib yang satu ini. tombol imacros terlihat (yang dilingkari merah)



Di sebelah kirim merupakan panel dari imacros. Disana terdapat tab Play, Rec dan Manage.

Play memuat button berupa play, Pause dan stop, digunakan untuk memulai atau menjalankan atau menghentikan sementara atau total suatu rangkaian pekerjaan imacros.

Record merupakan tab yang berfungsi sebagai perekam aktifitas suatu pekerjaan.

Dan manage berfungsi sebagai editing atau setting imacros.

Baik, perkenalan diatas mungkin akan sedikit mengetahui fitur-fitur yang ada dalam add on imacros ini. Selanjutnya, karena imacros merupakan automatisasi suatu perkerjaan dan bisa diulang-ulang, menjadi kan add on ini sangat berguna bagi anda yang ingin update produk ke website secara cepat tanpa repot posting satu per satu.

Ibarat jika ingin bikin kue pancong atau serabi. Yang kamu perlukan adalah alat cetak dan adonan. Sama seperti Imacros ini, Kita membutuhkan alat cetak berupa Algoritma Imacros, dan adonannya berupa data-data yang kamu perlukan untuk mengisi konten produk-produk kamu.

Jangan Berfikir sulit dulu ketika anda mendengar kata ALGORITMA. Algoritma ini akan secara otomatis dibuat ketika kamu, menekan tombol Record dan memulai suatu aktfitas pekerjaan memposting.

Lanjut ke bagian ke dua, Membuat algoritma.

Tidak perlu pusing dulu, sudah saya bilang, algoritma ini akan dibuat otomatis ketika kamu merekam/record aktivitas atau suatu pekerjaan pada website. Coba tekan tombol record. setelah itu kamu lakukan apa saja, misalnya, setelah tekan tombol record, kamu kunjugi kaskus.co.id dan lakukan aktivitas login. Setelah itu tekan tombol stop. Aktivitas kamu terekam dalam sebuah script algoritma. kamu Bisa lihat scrip tersebut di tab Manage. Klik atau cari di panel imacros yaitu #current.imm ,setelah itu tekan tombol edit macro. Setelah itu muncul jendela seperti dibawah ini



Coba kamu perhatikan, Baris ke 3 merupakan perintah visit ke website kaskus.co.id, pada baris ke 5 dan baris ke 7 merupakan value data berupa nama id kaskus kamu dan pasword id kaskus kamu.

Nah, Bila kamu punya banyak id kaskus yang harus kamu login, kamu bisa mengganti content di baris ke 5 dan baris ke 7 itu dengan data berupa file berformat csv yang kamu sediakan.

Saya akan melangkah ke yang selanjutnya yaitu tentang repeatation work atau looping. Pengulangan pekerjaan ini biasanya digunakan untuk mengupload atau posting data yang banyak. Sehingga kita hanya membuat satu aktifitas posting dan diulang dengan data-data yang berbeda.

Oke, masih ingat kan kalo kita ingin membuat serabi, kita harus punya cetakan dan adonannya. Nah, cetakan kita adalah algoritma, dan adonan kita adalah data-data yang akan diupload/diposting dengan format csv,atau ms excel. Sebelum kita melangkah ke upload produk kamu, saya akan menjelaskan contoh simple, yaitu suatu aktifitas login dan logout id kaskus. Jika anda paham ini. Anda akan paham bila membuat suatu algoritma pekerjaan yang lain.

Contoh algoritma
imacros algoritma

Penjelasan:

Perhatikan pada baris ke 3, disana terdapat SET !ERRORIGNORE YES itu artinya adalah bahwa ketika ada terjadi error, akan diabaikan. Dan ditambah yang baris ke 4 yaitu ketika error akan terus dilanjutkan keaktivitas selanjutnya.

Perhatikan baris ke 7, baris ini merupakan perintah mengambil data csv atau saya bilang data-data yang akan di upload. Ingat, Nama file csv di algoritma imacros,harus sama dengan file csv yang berada pada folder data source. Misal disini saya tuliskan data namanya kumpulanidkaskus.csv , kamu juga harus menamai file dengan nama kumpulanidkaskus.csv bila terjadi perbedaan maka akan terjadi error, karena imacros bingung nyari datanya.

Pada baris ke 8 merupakan perintah bahwa data yang diambil (dari file csv) hanya 2 kolom saja.

Pada baris ke 9 merupakan perintah bahwa data yg diupload dimulai dari baris ke 3.

Pada baris ke 10 merupakan perntah pengulangan atau loop.

Pada baris ke 12 merupakan perintah untuk visit ke url tersebut.

Pada baris ke 13 merupakan aktivitas ketika menKlik button login di kaksus

Pada baris 14 merupakan perintah memasukan nama username kaskus. Disana terlihat bahwa content={{COL1}} itu berarti data diambil dari kolom pertama dari file csv.

Pada Baris ke 16 merupakan perintah memasukan password id kaskus. Terlihat content={{COL2}} itu berarti data diambil dari kolom ke dua dari file csv tsb.

Baris ke 17 merupakan aktivitas klik sign in, dan baris ke 18 adalah aktivitas signOut.

Contoh Data csv tempat data-data yang akan diupload/posting
 contoh csv file for imacros
Simpan file csv tersebut di folder Datasources yaitu di libraries,documents,imacros (default).

Test pekerjaan tersebut dengan cara klik play di panel imacros. Oh iya jangan lupa ketikan jumlah berapa kali kamu ingin mengulang pekerjaan atau aktivitas tersebut.

Bila logika kamu sudah paham tentang imacros ini. Kamu bisa membuat berbagai macam jenis aktivitas pekerjaan yang bisa kamu buat. Seperti mengupload produk barang atau apapun jenisnya yang kamu rekam sebelumnya.

Semoga bermanfaat. Salam

---------------------------
Materi lainnya :
SIB004 - Latihan 1 - Input Data
SIB005 - Latihan 2 - Ekstraksi Data
SIB006 - Latihan 3 - Tick Picker
SIB007 - Latihan 4 - Scrip Random Digit Differ
SIB008 - Latihan 5 - Statistik Last Digit
SIB009 - Latihan 6 - Follow Tick
SIB010 - Latihan 7 - Indikator RSI
SIB011 - Latihan 8 -  High-Low
SIB012 - Kumpulan Macro Untuk Eksekusi
SIB013 - Indikator  MA
SIB014 - Indikator BB-MA-HILO-Volatile-RSI
SIB015 - Mengatasi Binary Goyang Dumai
SIB016 -  Parade Robot Imacros Binary Gratis
 ---------------------------------------------------------

Dapatkan RAHASIA BINARY SOLUTION Gratissss, dengan cara  Mendaftar Akun Riil Binary di Sini :
http://tinyurl.com/langsungbinary
Cara memperoleh RAHASIA BINARY SOLUTION Gratisss,  
lihat disini :
http://komunitaspenggilabinary.blogspot.co.id/p/ruang-binary-solution.html